Kamis, 26 Januari 2017

10 Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia)

10 Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)


insomnia

Mungkin bagi sebagian orang tidur adalah perkara yang mudah tetapi mungkin juga perkara yang sulit untuk dilakukan dan hampir setiap orang mengalami kesulitan dalam hal satu ini.

Tidur adalah bagaimana kita memulai kegiatan untuk mengawali suatu aktifitas dan atau mengakhiri aktifitas yang telah dikerjakan dengan tidur.


Tidur ibaratkan sebuah baterai, jika baterai drop maka operasi yang dikerjakan harus dikurangi atau dihentikan dan untuk memulai operasi kembali, batere harus terisi terlebih dahulu.

Begitu pentingnya tidur untuk melancarkan kegiatan dalam menjalankan kehidupan sehari - hari, sehingga kebanyakan orang berusaha mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Wikipedia : insomnia adalah merupakan kelainan atau gejala susah tidur bagi seseorang, yang berupa kesulitan untuk tidur yang dialami berulang - ulang.

Kesulitan tidur dapat dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, tekanan darah tinggi, seperti obesitas, penurunan produktivitas, suasana hati yang buruk dll.

Berikut 10 cara mengatasi susah tidur yang sebaiknya anda ketahui :

1. Batasi Konsumsi Kafein
Contohnya adalah kopi, kafein yang terkandung didalam kopi dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur, pasalnya efek dari kafein dapat bertahan didalam tubuh selama 8 jam. Jadi, sebaiknya anda minum kopi 4 atau 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan rasa ngantuk yang tepat dengan jam tidur anda.

2. Batasi Nikotin
Biasanya merokok memiliki rentan waktu yang tidak beraturan, jadi bagi anda perokok sebaiknya kurangi waktu merokok anda sebelum tidur karena efeknya hampir sama dengan kafein, dan banyak lagi efek lain dari rokok yang dapat membuat tidur anda terganggu secara kualitas.

3. Makan Yang Sehat dan Teratur
Dengan makan teratur cukup membuat tidur anda lebih nyaman apalagi mengkonsumsi makanan yang menyehatkan, jadi jangan biarkan anda merasa lapar ketika hendak tidur dan hindari juga mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur.
Dan hindari minum terlalu banyak sebelum tidur, ini untuk menghindari anda terbangun dimalam hari untuk ke toilet.

4. Hindari Tidur Siang
Sebagian besar susah tidur juga dikarenakan tidur siang, menghindari tidur siang juga dapat menambah rasa ngantuk dimalam hari, jikalaupun anda tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 20 menit setelah 8 jam anda bangun pagi.

5. Jagalah Kamar Tidur Tetap Tenang dan Nyaman
Kesulitan tidur tentu memerlukan ketenangan suasana, dan buatlah kamar anda senyaman mungkin dari mulai kerapihan atau kebersihan, termasuk cahaya kamar anda, pasalnya cahaya kamar dapat membuat mata anda terganggu ketika tidur.

6. Hindari Penggunaan Gadget
Sebaiknya matikan gadget anda sebelum tidur, karena penggunaan gadget atau smartphone dapat memancing pikiran anda kepada hal - hal lain yang membuat anda sibuk mengotak - ngatik gadget anda dan fokus tidur anda pun terganggu.

7. Jauhkan Hewan Peliharaan
Sebaiknya hewan peliharaan anda tidak tidur ditempat tidur anda, karena gerakan - gerakan yang ditimbulkan dapat mengganggu kenyamanan tidur anda.

8. Olahraga Secara Teratur
Olahraga yang teratur memberikan efek yang baik untuk tubuh selain menyehatkan olahraga dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Jadi sebaiknya anda bisa meluangkan waktu untuk hal ini.

9. Rileks
Mulailah rileks sebelum tidur, bisa mulai dengan menghilangkan pemikiran yang membuat anda stres, atau ritual rutin anda, jadi cobalah memanjakan diri anda sebelum tidur.

10. Hindari Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol sebelum tidur awalnya mungkin membantu, tetapi juga memungkinkan anda terbangun ditengah tidur anda, membuat efek ketergantungan sebagai ritual anda sebelum tidur dapat mengurangi kesehatan anda, jadi tidak dianjurkan menkonsumsi alkohol sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar