Rabu, 01 Februari 2017

Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik


Tidur sangat penting karena aktifitas selama seharian anda dapat terganggu apa bila kualiltas tidur anda yang buruk. Namun terlalu banyak tidur juga memberikan efek yang sangat tidak baik bagi anda, mulai dari badan yang merasa lelah atau pegal karena rentan waktu tidur yang berlebihan, sakit kepala atau pusing bahkan dapat menurunkan performa jantung dan banyak lainnya, untuk itu tidur sebentar jika mendapatkan kualitas yang baik akan lebih memberikan efek yang baik pula bagi kebugaran badan kita, apalagi tidur anda cukup dan berkualitas.



Mengapa Kualitas tidur begitu penting dibandingkan Kuantitas Tidur?

Tingkat lamanya anda tidur tidak akan berpengaruh apabila kualitas tidur anda kurang baik.
Mungkin waktu padat anda memang membuat anda mengalami gejala susah tidur, sehingga terkadang ada istilah balas dendam tidur ,yaitu dimana anda akan tidur sebanyaknya waktu luang anda dikarenakan anda tidak memiliki waktu tidur yang baik sebelumnya. Hal tersebut adalah hal yang keliru, faktanya tidur terlalu lama malah akan memberikan efek yang sangat mengerikan. untuk itu kami akan berbagi informasi tentang bagaimana seharusnya yang anda lakukan apabila memiliki waktu tidur yang sedikit namun dapat bermanfaat juga dapat menyegarkan diri anda ketika terbangun.


Berikut Cara Mengoptimalkan Tidur Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik :

Ada 3 hal penting dalam mengoptimalkan tidur, yaitu bergantung pada : 
  1. Persiapan (bagaimana mempersiapkan tidur dan menjadikan kebiasaan Anda), 
  2. Lingkungan (lingkungan yang nyaman agar terhindar dari gangguan tidur Anda), 
  3. dan Waktu (tidak perlu terlalu memilih waktu tidur namun dapatkan waktu tidur yang tepat). 

Dr. Nitun Verma, MD, seorang spesialis Stanford University terlatih dalam kedokteran tidur dan Direktur Medis dari Washington Township Pusat Gangguan Tidur di Fremont, memberikan beberapa tips untuk menigkatkan kualitas tidur agar anda bisa mengurangi waktu tidur anda yang terlalu banyak (meningkatkan kualitas tidur tanpa menambah waktu tidur).

1. Persiapan

Langkah pertama adalah membangun kebiasaan yang akan membantu Anda tertidur lebih cepat, lebih baik, dan lebih nyaman saat Anda beristirahat. 
Contoh persiapan sebelum tidur :

Berolahraga secara teratur. 
Berolahraga terbukti sangat membantu Anda lebih cepat tertidur. Tetapi jangan berolahraga tepat sebelum tidur, ini akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan Anda.

Hindarilah alkohol, kafein, dan rokok. 

Alkohol memang dapat membantu anda cepat tertidur namun kenyataannya mengkonsumsi alkohol dapat merusak siklus tidur Anda. Selain itu memungkinkan anda akan terbangun ditengah tidur Anda.

Kafein, efek (untuk tidur) dari kafein yaitu otak anda akan terpengaruh oleh kafein, untuk sebagian penelitian kafein memberikan efek yang bagus untuk tidur siang Anda, tapi tidak baik untuk kualitas tidur.

Rokok, secara khusus (untuk tidur) nikotin memberikan efek rilex tetapi dalam dosis kecil, namun akan berbeda jika terlalu banyak merokok, untuk itu sebaiknya hindari merokok sebelum tidur.


Kurangi Paparan Cahaya Layar Gadget.
Pasalnya perangkat elektronik dapat membahayakan siklus tidur.
Dr Verma : mematikan gadget Anda setidaknya 1-2 jam sebelum tidur "Layar layar pada tablet / ponsel / TV begitu cerah, dapat membingungkan otak suprachiasmatic nucleus, atau SCN. "Cahaya terang terlalu larut malam dapat membingungkan otak. Walau kita bisa tidur, tidur tidak akan nyenyak." ,hal ini jelas sekali selain mengganggu juga dapat merusak kualitas tidur anda, jadi sebaiknya kurangi cahaya untuk tidur Anda.


Kebiasan Anda Sebelum Tidur. 

a. Berdoa
Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang sebaiknya anda lakukan, menyangkut diri anda dengan Tuhan sebagai kepercayaan anda untuk membuat tidur anda lebih nyaman.

b. Lakukanlah kebiasan tidur anda lebih cepat.
mungkin dapat dimulai dari waktu makan malam anda, mempercepat waktu makan malam adalah salah satu contoh yang lebih efisien, karena perut yang kosong dapat membuat anda mengalami susah tidur.

c. Mulai menjadwal hal - hal yang penting, atau kegiatan kecil sebelum tidur.
seperti kegiatan penting esok hari yang anda rencanakan, atau sekedar buang air kecil, ini dimaksudkan supaya memberikan efek tenang dan bebas dari beban fikiran, pasalnya otak akan terus bekerja meskipun kita sedang tidur.

d. Merapihkan tempat tidur.
Kebiasaan ini mungkin dapat dikatakan sepele namun memberikan efek yang baik untuk tidur anda, kamar tidur yang rapi dapat membuat anda lebih nyaman untuk tidur.
dan kebiasaan lain yang memungkinkan anda mendapatkan ketenangan dan kenyamanan tidur Anda.

2. Faktor Lingkungan

Pastikan lingkungan Anda kondusif untuk kegiatan tidur anda :

Mulai dari tempat tidur.
Menurut perhitungan kehidupan, kebanyakan dari kita dapat menghabiskan rata - rata 24 tahun hanya untuk tidur, jadi buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin demi kesehatan hidup Anda.

Suhu Kamar.
Rata - rata suhu kamar mempengaruhi tidur kita, bahkan untuk tidur sebagian orang akan menyalakan kipas angin atau AC, menutup jendela kamar dll.

Faktor lingkungan luar kamar Anda.
lingkungan yang bising dapat merusak tidur anda karena tubuh kita dapat merespon dari suara, cahaya, dll. Sehingga untuk tidur akan membuat fokus tidur anda terpengaruh, untuk itu kondisikan lingkungan anda agar sesuai.

Notifikasi gadget/smartphone.
Otak kita dapat berpengaruh dengan notifikasi gadget, karena kebiasaan sehari - hari anda dengan berbagai aktivitas dari gadget anda, ini memungkinkan anda terbangun ketika suara gadget anda berbunyi.
lebih baik matikan gadget/smartphone anda demi kualitas tidur anda, apalagi anda yang memiliki waktu tidur yang sedikit.

Cahaya.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya cahaya dapat berpengaruh untuk tidur anda, jika anda tidak terbiasa tidur dalam gelap cobalah kali ini biasakan tidur dengan posisi lampu yang redup.

Atau faktor lingkungan lain yang sebaiknya dapat anda maksimakan sebagai hal terbaik untuk tidur anda.

3. Pemilihan Waktu

Waktu yang tepat untuk tidur adalah waktu malam anda, jika anda tidak memiliki waktu malam untuk tidur maka pilihlah waktu yang tepat dan sesuai, dimana anda dapat mengulang waktu tidur anda tepat diwaktu yang sama, tanpa ada pengaruh atau gangguan, jadi waktu tidur anda selalu sesuai dengan jadwal anda.

Dr Verma menyarankan alternatif tidur berikut :
 "Cara mengompitmalkan tidur yang sering orang lupa adalah tidur pada waktu yang sama setiap hari, atau setidaknya dalam jam yang sama. Jadi, daripada bangun siang pada hari libur, lebih baik anda bangun pagi dan siangnya anda tidur untuk menambah jatah istirahat tidur anda pada waktu libur. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar